free web page hit counter Beli Komputer PC, bisa hemat dengan rakit sendiri - e-Channel

Beli Komputer PC, bisa hematdengan rakit sendiri- Komputer rakitan merupakan piihan hemat jika kamu hendak memiliki komputer PC  atau diperpanjang dengan sebutan Personal Computer, meskipun komputer PC agak ditinggalkan namun disisi lain juga ada yang masih memerlukan PC khususnya PC rakitan tersebut dengan berbagai alasan tergantung contohnya saja merakit komputer PC untuk game, harga relatif lebih murah dan alasan lainnya tergantung dari individu perseorangan masing-masing.

Kamu akan dipandu step by step mulai dari persiapan komponen-komponen pada komputer sampai komputer mampu dirakit dengan tepat dan mampu digunakan. panduan kali ini terdiri dari 5 langkah mudah, untuk merakit komputer/pc dari awal sampai komputer/pc mampu digunakan, anda dapat mengikuti langkah demi langkah yang ada pada uraian kami.

Hal yang perlu kita lakukan adalah persiapkan bahan yaitu komponennya, silahkan cari ditoko komputer terdekat kamu :

     1.       Casing+Power Suplay
     2.       Micro Processor+Headsink
     3.       Motherboard
     4.       Hardisk 3,5”
     5.       Memori RAM
     6.       DVD Drive
     7.       Monitor PC LED
     8.       Pelengkap Kabel (Sata CD dan Hardisk,Power Casing, Power Monitor)
     9.       Mouse
    10.   Keyboard
    11.   CD Sistem Operasi (windows atau Linux)

Siapkan pula alat pendukung yang akan digunakan untuk merakit:
      1.       Obeng + dan -
      2.       Tang dan alat pendukung lainnya jika diperlukan
      3.    Pinset (untuk menjepit baut jika ada baut yang jatuh dan tidak bisa dijangkau tangan) 

      



















Kemudian langkah yang harus kita kerjakan adalah memasang alat-alat tersebut, berikut ini langkah pemasangannya:

    
    1.       Langkah pertama Persiapkan Alat dan Bahan

Merakit komputer ialah sesuatu yang menyenangkan bagi yang suka dengan perakitan komputer. sebelum mulai merakit komputer, maka persiapkan dulu komponen-komponennya dan alat yang sudah dijelaskan sebelumnya diatas.


     2.  Langkah kedua Pasang processor cpu cooler (headsink-pendingin), dan RAM ke motherboard.

Processor merupakan sebuah ic yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai sentra atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melaksanakan perhitungan dan menjalankan tugas. processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain keinginankan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.

Cara pasang processor adalah sebagai berikut:

  • buka pengunci socket processor pada motherboard.
  • pasang processor ke motherboard. (Perhatian! perhatikan bahwa processor mempunyai tanda pada salah satu sudutnya, dalam hal ini tujuan ditandai dengan lekukan, lubang atau anak panah).
  • cocokan tanda tersebut dengan tanda yang ada pada socket processor (jika anda melandakan hal tersebut di atas dengan sempurna, maka processor akan dapat dimasukkan ke socketnya dengan baik dan benar).
  • kemudian kunci kembali socket tersebut, dengan cara menekan tuas kebawah dan mengaitkan pada pengunci yang ada.

Cara memasang RAM pada motherboard:
  • perhatikan slot memory anda, apakah sudah sesuai dengan jenis memory yang anda gunakan.
  • jika sudah sesuai, maka masukkan memory komputer anda pada slot yang sudah disediakan.
  • kemudian klik pengait pada masing-masing ujung memory agar memory tidak bergerak-gerak.

     3.       Langkah Ketiga Pasang Hardisk + DVD ROM

Sebelum memimpianng hardisk ke casing langkah pertama yang harus anda landakan artinya mengenal jenis hardisk yang akan anda gunakan. untuk hardisk (yang digunakan adalah ukuran 3,5 inci khusus PC) yang tak jarang digunakan ketika ini yaitu hardisk ata dan sata. bila anda menggunakan hardisk ata maka kabel penghubung dari hardisk ke motherboard yang harus anda gunakan artinya kabel ide, dan bila anda menggunakan hardisk sata maka silahkan gunakan kabel sata. perbedaan kabel ide dan sata terletak pada fisik kabel, kabel ata lebih lebar dari pada kabel sata. biimpiannya kabel ata digunakan untuk beberapa perangkat lain selain dari hardisk mirip dvd-ROM.

cara melekatkan hardisk dan cd/dvd drive berikut caranya :
a.    pertama, aturlah jumper pada hard disk. jumper ini ada di bagian belakang hardisk dan memiliki tiga hingga lima pkeinginanng pin. bila hardisk yang akan anda pkeinginanng cuma satu, maka setlah jumper ke posisi "master". jika ada dua hardisk, maka cabut jumper hard disk ke dua dan posisikan sebagai "slave". petunjunk pemkeinginanngan jumper bikeinginannya ada pada sisi atas hardisk.
b.    pasang kabel data sata pada port data di belakang hardisk. pemkeinginanngannya tidak sulit. cocokkan saja ujung kabel dengan port data di hardisk, jadi tidak mungkin terbalik. lalu, pkeinginanng ujung satunya dari kabel data tersebut pada port sata 1 atau primary sata pada motherboard. cara meletakkannya sama dengan cara pasang ke hardisk.
c.     kemudian letakkan hardisk pada kawasan yang sudah disediakan di casing, bikeinginannya ada beberapa slot, kemudian kencangkan dengan skrup yang tersedia. setelah itu pkeinginannglah kabel power dari power supply ke hardisk. jika power supply anda model lama yang tidak mempunyai kabel power untuk sata, anda mampu menggunakan kabel power konverter dari ata ke sata bisa juga dibeli di toko komputer terdekat anda
d.    untuk pasang cd/dvd drive kurang lebih sama dengan pasangkan hardisk. hanya penempatannya saja yang sedikit berbeda, cd/dvd drive dikawasankan pada bagian teratas pada casing. sebelum menempatkan cd/dvd drive, buka dulu penutupnya yang terbuat dari plastik (bagian depan casing), kemudian tekan penutupnya dari bagian dalam.



4.       Langkah ke Empat Pemasangan Jaringan Kabel

Setelah semua komponen komputer semua lengkap terpasang ditempatnya sesuai dengan langkah-langkah diatas, langkah selanjutnya artinya saatnya pemasangan jaringan kabel-kabel komputer, baik kabel  i/o, kabel hardisk, kabel cd rom, kabel power cpu dll. anda cukup mengikuti ini:

- Power ke hardisk kabel 4 pin
- Power ke dvd drive kabel 4 pin
- Power ke motherboard terdapat 2 buah kabel induk ada yang 4 pin dan yang 24 pin
- Motherboard ke harddisk kabel sata atau ata
- Motherboard ke DVD drive kabel sata atau ata
- Panel switch & LED (power, reset, LED power, LED Hardisk) lihat di buku motherboard karena setiap motherboard berbeda-beda cara pasangnya.

Sebaiknya anda benar-benar memperhatikan langkah yang satu ini, sebab ini merupakan salah satu yang paling central dalam merakit komputer, bila kabel yang anda hubungkan ternyata salah maka akan berhasil fatal. akan tetapi anda tidak perlu khawatir berlebihan, setiap kabel sudah disetting sedemikian rupa agar berbeda dengan yang lain, jadi anda tinggal mencocokkan saja dengan colokannya.

Setelah anda yakin semuanya terpasang dengan benar colokkan mouse, keyboard, kabel power CPU ke sumber tegangan listrik PLN, colokkan juga kabel VGA dari monitor ke slot AGV dari monitor dan pasangkan kabel power monitor/ layar, jangan lupa tekan tombol powernya untu menyalakan komputer PC rakitan anda sendiri

5.       Langkah ke Lima Inslasi OS

Inilah langkah perdana yang merupakan langkah terakhir kita yaitu melakukan pengistalan Sistem Operasi. Sistem operasi juga berfungsi untuk mengontrol dan manajemen perangkat serta operasi-operasi sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak tambahan contohnya saja aplikasi pengolah kata (ms. word), game, driver printer (tips membeli printer) dan web browser (berbagai macam jenis web browser internet).



untuk jenis-jenis sistem operasi yang digunakan komputer secara umum terbagi menjadi 3 kelompok yaitu keluarga microsoft, keluarga unix dan keluarga mac os. untuk penginstalan sistem operasi sebaiknya anda sesuaikan dengan kefamyliaran dan apa yang anda kuasai saja dahulu. jikalau anda masih awam mengenai sistem operasi sebaiknya anda gunakan sistem operasi dari keluarga microsoft, alimpiannnya sistem operasi ini masih paling  massal meskipun tidak gratisan namun banyak digunakan oleh semua kalangan. akan tetapi jikalau anda ingin mencoba sistem operasi dari keluarga unix/ linux dan mac os juga tidak ada salahnya untuk mengekperimen.
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 Komentar:

 
e-Channel © 2017. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top