free web page hit counter Bagaimana Memahami aturan permainan kartu kredit - e-Channel


Jika anda membaca judul artikel ini, mungkin anda akan merasa kami berlebihan. Bagaimana mungkin memiliki kartu kredit dianggap sebagai sebuah permainan? Sebelum anda berargumen, bolehkah kami bertanya berapa banyak pemegang kartu kredit yang terjebak dengan hutang yang menumpuk? (mungkin, ada diantara para pembaca yang di dalam hati menjawab “saya”). Hal ini dikarenakan mereka dikalahkan oleh permainan bank penerbit kartu kredit. So, anda juga seharusnya melihat kartu kredt sebagai permainan. Setelah itu apa yang harus anda lakukan? Setiap permainan memiliki aturan, jika anda ingin menang di permainan kartu kredit, anda mesti tahu aturannya (tahu nggak kenapa sepakbola di Indonesia nggak pernah berkualitas, karena hampir semua elemen nggak ngerti aturan sepakbola, hehehe). Jika anda tidak memahami aturannya, jangan harap anda bisa sukses sebagai pemegang kartu kredit. Berikut ini beberapa aturan yang harus anda ketahui

Pemain permainan

Anda mesti tahu jika dalam permainan kartu kredit, hanya ada 2 pemain besar, anda (sebagai pemegang kartu kredit) dan bank (penerbit kartu kredit). Setiap pemain memiliki tujuan masing-masing kenapa harus menang. Pihak bank memiliki tujuan agar orang (terutama mereka yang mau berhutang, tapi kurang mampu membayarnya) mengikuti dan akhirnya terjebak dalam permainan ini sehingga mereka harus memiliki kewajiban kepada bank (jika memungkinkan, terjebak seumur hidup). Oleh sebab itu, yang mereka targetkan adalah orang yang kurang mampu, bukan yang tidak mampu. Orang-orang seperti ini biasanya akan lebih mudah untuk terjebak dalam hutang saat memegang kartu kredit karena perasaan atau ilusi bahwa uang mereka tidak terbatas. Sedangkan bagi nasabah, tujuan memiliki permainan ini bisa beragam, seperti membantu memudahkan transaksi, mengakomodir budaya konsumtif, atau sebagai modal usaha, dll.

Strategi permainan:

Setiap pemain dalam permainan kartu kredit memiliki strategi masing-masing agar bisa memenangkan game ini. Untuk itu, kami akan mencoba member anda sedikit informasi tentang strategi yang dilaksanakan pihak penerbit maupun pemegang kartu kredit untuk bisa menjadi pemenang. Untuk pihak penerbit kartu kredit, ada beberapa strategi yang biasa meraka lakukan untuk menjebak nasabah masuk dalam perangkap hutang mereka, antara lain:

  • Bunga ber bunga: Agar anda terjebak dalam hutang semakin cepat, mereka menerapkan bunga majemuk. Hal ini sangat memberatkan jika anda tidak mampu membayar tagihan anda secara lunas dan tepat waktu, maka bunga yang harus anda bayar semakin besar dari waktu ke waktu.
  • Cicilan 0%: Walaupun promosi ini tidak sepenuhnya bohong, tapi ada perangkap tersembunyi jika anda lalai dalam melakuikan pembayaran. Jika anda telat melakukan cicilan, anda bisa terkena bunga yang besarnya bisa mencapai 30% (wow!!!!!). Jika pemain lawan terpancing dengan strategi ini, maka pihak penerbit kartu kreditlah yang menang.

Nah, itu tadi starategi yang biasa digunakan oleh pihak penerbit kartu kredit. Meskipun demikian, bukan berarti pemegang kartu kredit tidak punya strategi untuk memenangkan permainan ini. Ini dia strategi untuk nsabah ntuk memenangkan permainan kartu kredit:

  • Pembayaran: Agar anda tidak terjebak dengan bunga yang edan dari pihak bank, usahakan untuk melunasi etiap tagihan bulanan kartu kredit anda. Jikamemang anda terpaksatidak bisa melunasi hutang tersebut, usahakan membayar sebesar-besarnya. Jangan pernah membayar dengan sistem minimum payment, karena anda secara pelan dan pasti membunih diri anda sendiri.
  • Penggunaan: Bijaklah dalam menggunakan kartu kredit. Agar anda bisa membayar tagihan setiap bulanan, cobalah untuk periksa cash flow anda dan pastikan penggunaan kartu kredit anda tidak melebihi pendapatan anda, sehingga anda bisa mengatur pembayaran cicilan dengan maksimal.

Nah, itu dia peraturan permainan kartu kredit yang perlu and pahami. Ingat, strategi yang dilakukan pihk bank maupun anda bisa berubah dari waktu ke waktu tergantung regulasi atau kesepakatan antara kedua belah pihak. Namun, yakinlah, asal anda memahami aturannya, anda memiliki kemungkinan untuk menang. Selamat bearsyik ria dalam permainan kartu kredit!!!!!

0 Komentar:

 
e-Channel © 2017. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top