free web page hit counter Cara Daftar BPJS kesehatan - e-Channel


Program pemerintahan yang saat ini sedang trend adalah BPJS ( Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ). BPJS ada 2 jenis yaitu BPJS ketenagakerjaan dan BPJS kesehatan.BPJS baru mulai diluncurkan sejak 1 Januari 2014.
Syarat daftar menjadi peserta BPJS adalah warga negara Indonesia. Jadi siapapun asalkan mempunyai KTP Indonesia bisa mendaftar menjadi peserta BPJS..

sebenarnya ini bukanlah program baru, dulu nama programnya adalah jamsostek dan askes. Jamsostek berubah jadi BPJS ketenagakerjaan, sedangkan Askes menjadi BPJS kesehatan. BPJS kesehatan adalah semacam asuransi kesehatan yang menjadi program pemerintahan dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat.

Dulu ak pikir peserta askes hanyalah orang-orang tidak mampu, terus terang ak pikir seperti itu dari dulu..Sehingga tidak ada pikiran terbesit sedikitpun untuk daftar menjadi peserta askes. Tapi bukan berarti asuransi kesehatan tidak penting, bagi saya asuransi kesehatan sangat penting. Akhirnya saya mengikuti asuransi kesehatan swasta dengan premi Rp 500.000 / bulan.

Tp sejak berubah nama menjadi BPJS kesehatan telah terjadi banyak perubahan. Banyak orang di sekitar ku mendapatkan manfaatnya, bahkan melahirkan dengan sesar saja bisa gratis karena ditanggung BPJS kesehatan. Padahal kalau pakai asuransi kesehatan swasta, melahirkan itu tidak ditanggung / tidak bisa diklaim.

Daftar BPJS bisa daftar sekaligus 1 keluarga sekaligus terdiri dari peserta, suami / istri dari peserta, anak pertama - anak ketiga peserta.
Apabila peserta mandiri, persyaratan mendaftar hanya cukup dengan :
1. fotocopy KTP
2. fotocopy KK
3. Pas foto 3 x 4
4. akte lahir ( anak )
5. Surat nikah ( apabila peserta sudah menikah )

Iuran utk peserta mandiri juga dibagi 3:
kelas I : Rp 59.500 / bulan
kelas II : Rp 42. 500 / bulan
kelas III : Rp 25.500 / bulan
Pembayaran bisa melalu Bank BRI atau Bank Mandiri.

Sekarang bisa anda bayangkan begitu jauhnya premi antara asuransi kesehatan dari pemerintah dengan asuransi swasta.

Saat ini BPJS sedang booming, saya pernah coba ke salah 1 kantor BPJS di kelapa gading saja kalau mau daftar harus ngantri dari pagi dan hanya untuk 150 pengambil nomor saja..Jadi biasanya dari pagi orang sudah pada datang untuk mengambil no antrian terlebih dahulu.

Perbedaannya lagi adalah kalau asuransi swasta apabila sudah tahu bahwa anda menderita penyakit, biasanya tidak mau menerima anda menjadi peserta asuransi. Namun beda dengan BPJS, sekalipun anda menderita penyakit ataupun saat ini sedang dirawat di RS sekalipun, anda tetap bisa mendaftar jadi peserta BPJS.

0 Komentar:

 
e-Channel © 2017. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top