free web page hit counter Taraf Hidup Masyarakat Semakin Tinggi Menyebabkan Pertumbuhan Kartu Kredit - e-Channel


Tahukah anda apa penyebab pertumbuhan kartu kredit di Indonesia cukup signifikan? Ya, jika dilihat dari meningkatnya jumlah pengguna kartu kredit saat ini, tentu kita penasaran apa yang membuat masyarakat kita sekarang lebih cenderung untuk beralih ke kartu kredit. Meskipun demikian, jawaban dari pertanyaan tersebut bisa bervariasi karena peningkatan jumlah nasabah bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Akan tetapi ada satu hal yang ternyata cukup berperan penting dalam pertumbuhan kartu plastik ini, apa itu?

Menurut beberapa analis, peningkatan taraf hidup telah memicu pertumbuhan kartu kredit. Peningkatan tersebut utamanya terjadi pada masyarakat kelas menengah. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Pahala N Mansury. Menurut beliau, peran peningkatan taraf hidup kelas menengah bukan hanya menumbuhkan industri kartu kredit namun juga menjaga makro ekonomi bangsa ini. Selain itu, hal ini juga menjadi salah satu faktor mengapa Indonesia masih bertahan ditengah krisis global.

Senada dengan Pahala N Mansury, General Manager Bisnis Kartu Bank Central Asia (BCA), Santoso juga memberikan pendapatnya. Akan tetapi beliau lebih spefisik dalam menjelaskan kenapa kelas menengah bisa memicu pertumbuhan kartu kredit di Indonesia. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari mobilitas mereka yang cukup tinggi serta peningkatan yang signifikan sehingga bisa berdampak sangat luar biasa dalam pertumbuhan bisnis kartu kredit.

Pertumbuhan kartu kredit
Pertumbuhan kartu kredit di Indonesia disebabkan meningkatnya taraf hidup masyarakat kelas menengah

Selain itu, bapak Santoso juga menambahkan analisisnya tentang pertumbuhan kartu kredit di Indonesia, kalau kelas menengah mengalami peningkatan dalam melakukan transaksi baik yang bersifat domestik maupun internasional. Hal ini mungkin tidak bisa dilepaskan akibat meningkatnya jumlah pendapatan mereka yang tentunya berbanding lurus dengan jumlah pengeluaran mereka. Kesimpulan ini diambil setelah BCA melakukan pemantauan terhadap para nasabah kartu kredit.

Lebih lanjut lagi, Santoso berargumen tentang pertumbuhan kartu kredit di Indonesia yang diakibatkan oleh peningkatan taraf hidup masyarakat terutama kelas menengah tidak bisa dipisahkan dengan kemampuan kita menjaga inflasi kurang dari 5%. Dengan kemampuan menjaga stabilitas inflasi ditunjang pula dengan peningkatan penghasilan, maka masyarakat pun semakin konsumtif. Akhirnya pemenuhan kebutuhan menjadi lebih tinggi, seperti liburan ke luar negeri, kebutuhan akan barang branded, dan gadget.

Akan tetapi, bukan tidak ada kendala dalam pertumbuhan kartu kredit. Masih menurut BCA, tidak semua daerah mengalami peningkatan, ada juga daerah yang terkena dampak global. Daerah yang terkena dampak biasanya merupakan daerah yang terkenal akan komoditinya, seperti Sumatera dan Kalimantan.

0 Komentar:

 
e-Channel © 2017. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top