Cara Mudah Isi Ulang Kartu E-Toll Lewat ATM, Mbanking, Dan Indomaret,

Posting Komentar
Cara isi ulang kartu e-Toll - Bagi pengendara roda empat atau lebih sekarang ini harus memiliki kartu e-toll, sebab sejak dihapuskannya pembayaran toll secara tunai tepatnya pada tanggal 31 Oktober 2017 yang lalu, semua pembayaran digerbang toll yang biasanya dilakukan secara tunai, sekarang dirubah menjadi non tunai, yaitu dengan memanfaatkan teknologi GTO (Gerbang Toll Otomatis), sehingga ketika melakukan pembayaran di gerbang toll harus menggunakan kartu e-Toll.
Isi ulang kartu e-toll
Kartu Mandiri e-Toll

Penggunaan e-toll card untuk membayar toll dirasa memang cukup mampu mengurangi kemacetan dan antrian kendaraan yang biasa terjadi dipintu gerbang toll, sebab dengan menggunakan kartu e-toll tersebut, proses pembayaran menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan dilakukan secara otomatis tanpa bantuan petugas jalan toll.

Permasalahannya adalah belum semua pengendara kendaraan roda empat mengerti dan memahami penggunaan kartu e-toll tersebut, terlebih untuk pengendara dari luar kota yang belum terbiasa melewati jalan toll yang otomatis juga belum pernah menggunakan kartu e-toll, atau bahkan belum memiliki kartu e-toll.

Artikel ini saya tulis khusus untuk pembaca yang masih awam atau belum paham dengan penggunaan kartu e-toll tersebut. Cara menggunakan kartu e-toll sebenarnya sangat mudah, seperti ketika anda menggunakan kartu transjakarta atau commuter line. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan caranya dibawah ini:

Cara menggunakan kartu e-toll yang benar

Cara menggunakan kartu e-toll
Gerbang Toll Otomatis

  1. Tempelkan kartu e-toll tersebut ke mesin reader yang terdapat di pintu gerbang GTO, mesin pembaca reader letaknya berada disebelah kanan, sehingga lebih dekat dengan pengemudi.
  2. Akan muncul informasi e-toll dilayar tentang biaya toll dan sisa saldo e-toll anda.
  3. Ketika palang pintu toll terbuka dan struk bukti pembayaran toll sudah keluar, tarik kembali kartu e-toll anda dan ambil struk pembayaran tersebut kemudian simpan kembali.
  4. Silahkan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan jalan toll dan jangan membuang sampah atau struk bukti pembayaran disembarang tempat, termasuk didalam ruas jalan toll.

Cara isi ulang atau TopUp saldo e-Toll

Kartu e-toll yang sudah digunakan berkali-kali maka saldonya tentu akan habis, kalau sudah habis maka tidak akan bisa digunakan kembali, dan agar dapat digunakan kembali maka anda harus melakukan topup atau isi ulang saldo kartu e-toll tersebut. Jika anda sudah terlanjur masuk ke pintu toll dan ternyata saldo kartu e-toll sudah habis, maka nanti anda akan repot sendiri, jadi pastikan anda selalu mengecek jumlah saldo e-toll tersebut dan segera melakukan pengisian ulang jika dirasa saldo sudah mulai habis.

Ada banyak cara isi ulang kartu e-toll, mulai dari menggunakan Mbanking, SMS Banking, mesin ATM, ataupun melalui mesin EDC yang terdapat didalam minimarket seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, dan lainnya.

1. Isi ulang kartu e-toll lewat Indomaret dan Alfamart

  • Datang ke indomaret atau alfamart terdekat
  • Menuju ke kasir, kalau sedang antri, silahkan mengantri secara tertib ya, jangan asal serobot, nanti dimarahi orang.
  • Bilang ke petugas kasir kalau anda mau topup e-toll card (pakai sedikit bahasa inggris ya biar agak gaul. hehehe..)
  • Serahkan kartu e-toll ke petugas kasir, dan biarkan kasir melakukan pengisian kartu e-toll anda dengan menggunakan mesin EDC, oiya jangan lupa katakan kepada petugas kasir berapa nominal saldo yang akan diisi.
  • Setelah proses topup selesai, akan keluar struk bukti pembelian.
  • Bayar ke petugas kasir sesuai dengan nominal yang tertera di struk, bukan sesuai nominal saldo yang anda topup, sebab anda dikenakan biaya administrasi topup kartu e-toll sebesar Rp.2.000, tapi untuk akhir-akhir ini beredar kabar bahwa topup e-money tidak dikenakan biaya, dan hal tersebut sudah diatur oleh BI (Bank Indonesia), dan kalaupun dikenaan biaya, maka biaya tersebut adalah keuntungan bagi minimart sebagai jasa topup e-money.
  • Simpan kembali kartu e-toll dan struk bukti pembayaran.

2. Cara topup e-toll card lewat mesin ATM

Topup e-toll card melalui mesin ATM dapat dilakukan di mesin ATM bersama atau dimesin ATM pihak bank yang bersangkutan. Jika e-toll card adalah produk bank mandiri, maka sebaiknya lakukan topup di mesin ATM bank mandiri, sebab jika menggunakan ATM Bersama anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp.1.500.
  • Masukkan kartu ATM mandiri kedalam mesin ATM
  • Input PIN ATM anda
  • Pilih menu "BAHASA INDONESIA"
  • Pilih menu "UANG ELEKTRONIK"
  • Pilih menu "MANIRI E-MONEY
  • Pilih menu "TOP UP"
  • Pilih menu jumlah nominal pengisian, antara Rp.50.000 sampai Rp.500.000, atau dengan mengetikkan jumlah nominal pengisian sesuai dengan keinginan anda.
  • Tempelkan kartu e-toll ke mesin pembaca (reader) ATM
  • Muncul informasi dan konfirmasi pengisian, jika sudah sesuai maka pilih "YA"
  • Pengisian kartu e-toll akan diproses, jika sudah selesai, ambil keluarkan kartu ATM dan ambil struk bukti pengisian.
  • Simpan kembali kartu ATM, kartu e-toll, dan struk bukti pengisian tersebut.

3. Isi ulang kartu e-toll di Bank


Pengisian saldo e-toll juga dapat dilakukan secara langsung di kantro bank yang mengeluarkan kartu e-toll tersebut. Misalkan anda menggunakan kartu e-toll milik bank mandiri, maka anda bisa langsung datang ke kantor bank mandiri terdekat.

Caranya adalah silahkan kunjung kantor bank mandiri terdekat, kemudian katakan kepada petugas bank bahwa anda akan melakukan isi ulang kartu e-toll. Petugas bank akan meminta kartu e-toll anda dan menanyakan berapa nominal yang akan diisi. Setelah proses pengisian selesai, silahkan bayar kepada petugas sesuai nominal saldo yang anda isikan.


4. Top Up kartu e-Toll menggunakan SMS banking mandiri

  • Ketik SMS ke 3355
  • Format SMS adalah: ISI(spasi)PRE(spasi)Index Rekening(spasi)No kartu(spasi)Nominal
  • Contoh: ISI PRE 1 987654321012345 100000
  • Balas sms banking dengan mengetik 2 digit PIN SMS bankin mandiri sesuai keterangan dalam sms dari 3355
  • Jika transaksi berhasil, maka anda akan mendapatkan sms konfirmasi dari 3355 yang menyatakan bahwa transaksi pengisian saldo e-toll berhasil.
Itulah 4 cara top up atau isi ulang kartu e-toll yaitu isi ulang lewat minimarket, mesin ATM, kantor bank, dan menggunakan sms banking mandiri. Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya bagi anda yang masih awam tentang cara pengisian e-toll card.

Sumber Artikel : https://www.upnormally.com

Related Posts

Posting Komentar