free web page hit counter Cara Daftar, Persyaratan, Dan Keuntungan Agen BRILink - e-Channel

Sebelum saya membahas lebih jauh tentang cara daftar BRILink, persyaratan menjadi agen BRILink, serta keuntungan agen BRILink, disini saya akan sedikit mengulas terlebih dahulu tentang apa itu BRI Link. Sebab sebelum anda memutuskan untuk bergabung menjadi agen, tentu anda harus mengetahui dan mempelajari secara mendalam terlebih dahulu tentang BRILink tersebut.

Sebagai seorang nasabah Bank BRI tentu saya berusaha untuk selalu update mengenai fitur dan fasilitas terbaru dari Bank BRI, meskipun saya tidak terdaftar atau mengikuti semua fitur tersebut. Jika fitur dari bank BRI tersebut dirasa bermanfaat dan menguntungkan, biasanya saya akan menggunakannya. Akan tetapi jika kurang memiliki manfaat, biasanya cukup hanya sebagai bahan pengetahuan dan wawasan saja, dan saya rasa BRILink ini merupakan salah satu inovasi dari bank BRI yang cukup bagus.

agen BRILink


Sekilas tentang pengertian BRILink

Demi untuk mempermudah transaksi perbankan bagi para nasabah, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk saat ini mengeluarkan 2 inovasi terbaru yang erat kaitannya dengan Layanan Keuangan Digital (LKD) dan Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (LAKU PANDAI). Kedua inovasi tersebut adalah BRILink dan BRILink Mobile.

Agen BRILink adalah salah seorang nasabah dari Bank BRI yang terdaftar dan bekerjasama dengan Bank BRI untuk menjadi jembatan atau perpanjangan tangan antara Bank BRI dengan para nasabah. Dimana agen BRILink dapat melayani nasabah bank BRI tanpa kantor, artinya para nasabah dapat melakukan transaksi seperti tarik tunai, transfer ke sesama Bank BRI dan transfer antar Bank, pembayaran listrik PLN, TELKOM, cicilan kendaraan, setoran tunai, setoran kredit, isi ulang pulsa, dan masih banyak lagi transaksi perbankan yang dapat dilakukan di agen BRILink.

Agen BRILink mobile adalah salah seorang agen BRILink yang memanfaatkan aplikasi mobile yang terdapat pada smartphone android dan tablet dengan menggunakan jaringan internet sebagai jalur komunikasinya. Jika sebelumnya agen BRILink hanya menggunakan mesin EDC (Electronic  Data Capture) sebagai alat untuk melayani transaksi, maka dengan adanya teknologi mobile ini para agen dapat melayani transaksi nasabah dengan lebih mudah dan lebih sesuai dengan kebutuhan.

Cara daftar menjadi agen BRILink

Untuk menjadi seorang agen BRILink sebenarnya cukup mudah, saya sendiri sebenarnya berminat untuk menjadi seorang agen BRILink, melihat peluang bisnis tersebut masih cukup bagus untuk wilayah pedesaan yang masih belum terdapat alat transportasi umum menuju kota diamana kantor unit Bank BRI berada. Selain itu sekarang ini hanya ada satu unit Bank BRI untuk mewakili nasabah 1 kecamatan, dimana dalam satu kecamatan tentu mewakili beberapa kelurahan dengan jumlah penduduk mencapai puluhan ribu orang. Permasalahannya adalah saya belum memiliki usaha dan tempat usaha sendiri, sedangkan untuk membuka sebuah tempat usaha masih terkendala dengan modal. Sedangkan salahsatu persyaratan untuk menjadi agen BRILink adalah harus memiliki usaha sendiri dan minimal sudah usaha tersebut sudah berjalan selama 1 tahun. Apa saja persyaratan untuk menjadi agen BRILink? Untuk lebih jelasnya silahkan baca dibawah ini:

Syarat menjadi agen BRILink


  1. Warga Negara Indonesia
  2. Perseorangan atau instansi yang tidak berbadan hukum (Non badan hukum)
  3. Berdomisili atau bertempat tinggal diwilayah sama dengan kantor wilayah dimana anda mengajukan permohonan menjadi agen BRILink
  4. Memiliki usaha yang minimal sudah berjalan selama 1 tahun diwilayah domisili anda
  5. Memiliki surat ijin usaha atau bisa juga dengan menggunakan surat keterangan usaha dari kelurahan
  6. Memiliki tempat usaha sendiri, jika masih sewa harus ada surat pernyataan dari si pemilik mengenai perjanjian perpanjangan sewa
  7. Belum menjadi agen dari bank penyelenggara LAKU PANDAI
  8. Menjadi nasabah bank BRI
  9. Mengisi formulir permohonan serta menandatangani surat perjanjian dengan pihak Bank BRI
  10. Menjadi nasabah bank BRI dan memiliki kartu ATM BRI dengan saldo minimal Rp.3.000.000 sebagai jaminan mesin EDC jika sewaktu-waktu agen memutuskan untuk berhenti menjadi agen, maka uang jaminan tersebut dapat dicairkan dengan syarat mesin EDC dikembalikan dalam keadaan baik.

Dokumen yang harus dilengkapi oleh calon agen BRILink
  1. Fotocopy KTP (pemilik/pengurus BRILink)
  2. Fotocopy NPWP (untuk badan usaha)
  3. Surat keterangan usaha (minimal surat keterangan usaha dari kalurahan)
  4. Fotocopy buku tabungan
  5. Formulir pengajuan agen BRILink
  6. Surat perjanjian kerjasama BRILink
  7. Materai 6000
Setelah anda memiliki semua dokumen tersebut secara lengkap, kemudian ajukan dokumen tersebut ke kantor cabang atau unit bank BRI terdekat. Pengajuan biasanya dilakukan dibagian customer services, serahkan surat permohonan anda untuk menjadi seorang agen BRILInk, nanti anda akan dibantu oleh pegawai bank BRI mengenai apa saja yang harus dilakukan.

Keuntungan menjadi agen BRILink

Ada banyak keuntungan menjadi agen BRILink yang bisa anda dapatkan, meskipun sebenarnya keuntungan tersebut bukan hanya untuk agen saja, melainkan juga untuk masyarakat luas, khususnya nasabah bank BRI. Beberapa keuntungan dengan adanya BRILink adalah sebagai berikut:

1. Keuntungan sebagai agen BRILink
  • Tidak perlu modal alat (mesin EDC)
  • Tidak dipungut biaya sewa bulanan alat
  • Menambah lapangan pekerjaan baru
  • Menambah pendapatan
  • Fee untuk agen yang kompetitif
2. Keuntungan BRILInk secara umum
  • Mempermudah nasabah BRI dalam melakukan transaksi perbankan
  • Tidak perlu menunggu antrian yang terlalu panjang di kantor Bank BRI
  • Lebih dekat dengan tempat tinggal masyarakat sehingga lebih menghemat waktu dan ongkos perjalanan
  • Transaksi dapat dilakukan kapan saja tanpa terpengaruh oleh jam kantor dan hari libur
  • Dapat melakukan tarik tunai atau setoran tunai dalam jumlah kecil
  • Suasana lebih santai dan kekeluargaan
  • Bebas biaya parkir bank
  • Banyak transaksi perbankan yang dapat dilakukan di agen BRILink
Apa saja transaksi yang dapat dilayani oleh BRILink?
  1. Isi ulang pulsa handphone untuk semua operator yang bekerjasama dengan Bank BRI
  2. Pembayaran listrik PLN, baik itu prabayar (token)  ataupun pascabayar
  3. Pembayaran tagihan/ cicilan finance seperti FIF, OTO, BAF, WOM, dll
  4. Setoran tunai ke rekening sendiri atau rekening orang lain
  5. Setoran pinjaman
  6. Pembayaran TELKOM
  7. Transfer ke sesama bank BRI atau ke antar Bank
  8. Tarik tunai
  9. Belanja online
  10. Beli tiket pesawat
  11. Pembayaran kartu kredit
  12. Bayar BPJS
  13. Zakat dan Infaq
  14. Dan masih banyak lagi transaksi perbankan yang dapat dilayani melalui agen BRILink
Cara kerja agen BRILink dan BRILink Mobile

Sebagai calon agen BRILink anda harus memahami dan mengerti betul bagaimana cara kerja dari BRILink tersebut. Secara sederhana cara kerja dari kedua jenis agen BRILink adalah dengan menggunakan mesin EDC (mini ATM) yang pada prinsipnya hampir sama seperti mesin ATM pada umumnya. Sedangkan untuk agen BRILink mobile cara kerjanya menggunakan aplikasi yang terinstall didalam smartphone android, sehingga cara kerjanya mirip seperti penggabungan antara mesin EDC dengan aplikasi mobile banking.

Satu hal yang perlu anda ketahui bahwa agen BRILink bukanlah pegawai atau karyawan Bank BRI, dimana setiap transaksi yang dilakukan baik itu transfer, tarik tunai, atau pembayaran lainnya adalah menggunakan saldo dari agen BRILink, bukan menggunakan uang kas dari Bank BRI. Jadi untuk menjadi seorang agen yang solid tentu anda harus memiliki modal yaitu berupa saldo yang cukup banyak yang terdapat didalam rekening tabungan anda. Karena jika saldo rekening anda tidak mencukupi, maka transaksi perbankan akan sulit atau bahkan tidak dapat dilakukan.

Selain daripada itu, anda juga harus memiliki uang cash yang mencukupi untuk melakukan usaha agen BRILink tersebut. Sebab ketika ada orang yang akan melakukan tarik tunai, maka uang yang diberikan kepada nasabah adalah uang cash pribadi anda sendiri, sedangkan saldo ATM nasabah akan ditransfer kedalam rekening BRI anda. Jadi agar bisnis agen BRILink anda dapat berjalan dengan lancar, maka minimal anda harus memiliki uang sebanyak Rp.10.000.000, dimana Rp.5.000.000 dalam bentuk cash, sedangkan sisanya dalam bentuk saldo ATM.  

Tapi hal tersebut diatas bukanlah rumus yang baku, semua disesuaikan dengan kebutuhan rata-rata dari nasabah anda. Misalkan untuk wilayah pedesaan biasanya nasabah lebih cenderung melakukan transaksi tarik tunai, maka anda harus menyiapkan lebih banyak uang cash daripada saldo ATM. Sedangkan untuk daerah perkotaan biasanya nasabah lebih banyak melakukan transaksi pembayaran dan transfer ATM, maka anda harus memiliki saldo ATM yang lebih banyak daripada uang cash. Intinya anda harus pandai-pandai dalam mengamati peluang dan karakter dari nasabah anda.

Saya sendiri bukanlah seorang agen BRILink, akan tetapi saya cukup sering menggunakan agen BRILink sebagai pilihan untuk bertransaksi, khususnya pada saat hendak melakukan setoran tunai. Sebab selain biaya admin yang cukup murah, yaitu hanya Rp.5.000 per transaksi, prosesnya juga lebih mudah dan cepat karena tidak perlu mengantri di kantor Bank BRI yang terkadang cukup membuat saya menjadi jenuh dan kesal karena antrian yang cukup panjang. Selain itu untuk masyarakat yang tinggal didaerah seperti saya, saat ini hanya terdapat 1 unit kantor bank BRI untuk mewakili satu kecamatan, jadi dapat anda bayangkan sendiri seperti apa antriannya.

Menurut saya menjadi seorang agen BRILink cukup menguntungkan, karena anda bisa memperoleh fee dari setiap transaksi dari bank BRI, selain itu anda juga dapat menetapkan tarif admin disetiap transaksinya. Rata-rata tarif admin dibeberapa agen BRILink yang pernah saya kunjungi adalah sekitar Rp.5.000 sampai Rp.10.000 per transaksi. Bayangkan jika dalam 1 hari anda dapat melayani minimal 20 transaksi, maka keuntungan anda minimal adalah Rp.100.000.

Menjadi agen BRILink idealnya adalah hanya sebagai sampingan saja. Jadi dalam 1 kios (tempat usaha) bukan hanya dijadikan sebagai agen BRILink saja, tetapi juga digunakan untuk usaha lain yang tentunya dapat disambi (dikerjakan sambil) menjadi agen BRILink. Contoh usaha yang bisa sebagai sampingan agen BRILink adalah counter pulsa, fotocopy, agen loundry, dan lain-lain.

Misalnya anda punya usaha counter pulsa, jual beli handphone bekas, jual accessories handphone, dan agen BRILink dalam satu tempat usaha, maka dengan demikian anda bisa memperoleh penghasilan dan keuntungan dobel. Sehingga tidak banyak waktu luang yang anda buang untuk menunggu pelanggan. Jika anda punya hobby ngeblog, maka bisa juga anda sambi atau anda gunakan waktu luang tersebut untuk menulis blog. 

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk menjadi seorang agen BRILink atau agen BRILink mobile? Jika anda tertarik, segeralah mengajukan permohonan ke kantor bank BRI terdekat dikota anda, mumpung peluang dibidang tersebut masih terbuka lebar, karena saya amati saat ini masih belum terlalu banyak orang yang menjadi agen BRILink.

sumber : upnormally

0 Komentar:

 
e-Channel © 2017. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top